/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://ani.cursors-4u.net/others/oth-9/oth868.ani), url(http://ani.cursors-4u.net/others/oth-9/oth868.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */
Freaky Silver Eye
Sabtu, 26 September 2015

Cara Menyeleksi Calon Peserta didik

Seleksi Calon Peserta Didik
MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Manajemen Pendidikan yang diampu oleh Bapak Dr.H.Maman Rusmana,M.pd

Disusun oleh:
Yusni Muahamad Nizar
13222074



Pendidikan Bahasa Inggris



Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini yang dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam seleksi pesrta didik pendidikan dalam terselenggaranya organisasi dam lembaga penddidikan
Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Dr.H.Maman Rusmana,M.pd yang merupakan dosen mata kuliah Manajemen Peserta Didik yang telah membimbing saya dalam penyelesaian makalah ini.Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
       Garut,Juni 2015

Penyusun


BAB I
Pendahuluan
A.Latar belakang
Sekolah adalah sebuah lembaga pendidikan yang terdiri dari beberapa elemen penting di dalamnya,ada kepala sekolah,staff,guru dan yang lainnya. Salah satu elemen penting yang ada dalam terselenggaranya sekolah adalah adanya pihak yang dididik, dalam hal ini adalah Peserta didik.
Pesrta didik adalah pihak yang menjadi objek dan subjek pendidikan dalam terselenggarnya kegiatan belajar mengajar di sekolah.Oleh karena itu ketika seorang anak akan dimasukan oleh orang tuanya ke sebuah sekolah harus melalui salah satu tahapan yang namanya seleksi.Seleksi ini diadakan oleh pihak sekolah sebagai bentuk dari keinginan pihak sekolah untuk memiliki siswa-siswa yang unggul dalam pendidikan
Seleksi diadakan dengan tujuan untuk menyaring anak mana sajakah yang layak untu bisa masuk ke sebuah sekolah atau tidak.Hal ini dilakukan biasanya untuk membatasi kuota siswa di sekolah ,dan juga untuk menyeleksi apakah siswa ini layak atau tidak masuk ke sekolah tersebut.Dengan seperti itu sekolah bisa menjaga reputasi sekolahnya dan juga siswa yang akan belajar di sekolah tersebut merasa sesuai dengan apa yangsiswa itu inginkan.Oleh karena tahapan ini merupakan salah satu tahapan paling penting dari terselenggaranya sekolah
B.Rumusan Masalah
Apa yang dimaksud seleksi peserta didik?
Apa tujuan dan fungsi seleksi?
Bagaimana tahapan dan Persiapan dari sekolah?






BAB II
Pembahasan
A.Pengertian Seleksi Menurut Para Ahli
  • Menurut Veithzal Rivai (2008, 170), seleksi adalah kegiatan dalam manajemen SDM yang dilakukan setelah proses rekrutmen seleksi dilaksanakan. Hal ini berarti telah terkumpul sejumlah pelamar yang memenuhi syarat untuk kemudian dipilih mana yang dapat ditetapkan sebagai karyawan dalam suatu perusahaan. Proses pemilihan ini yang dinamakan seleksi.
  • Menurut Agus Sunyoto (2008, 48) proses seleksi adalah usaha menjaring dari mereka yang dianggap nantinya bisa menyesuaikan diri dengan pekerjaan yang ditawarkan, mereka dianggap dapat memperlihatkan unjuk kerja yang diharapkan oleh para pimpinan organisasi
  • Menurut Mathis dan Jackson (2006, 261) Seleksi adalah proses pemilihan orang-orang yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan pekerjaan di sebuah organisasi.
  • Menurut Andrew E. Sikula dalam Anwar Prabu Mangkunegara (2002, h 35) pengertian seleksi bahwa :
”Selecting is choosing. Any alection is a collection of things chosen. The selection process involves picking out by preference some objects or things from among others. In reference to staffing and employment, selection refers specifically to the deciation to hire a limited number of workers from a group of potential employees”.
(Penyeleksian adalah pemilihan. Menyelidiki merupakan suatu pengumpulan dari suatu pilihan. Proses seleksi melibatkan pilihan dari berbagai objek dengan mengutamakan beberapa objek saja yang dipilih. Dalam pegawaian, seleksi lebih secara khusus mengambil keputusan dengan membatasi jumlah pegawai yang dapat dikontrakkerjakan dari pilihan sekelompok calon-calon pegawai yang berpotensi).

B.Cara-Cara Seleksi Peserta Didik
Seleksi peserta didik adalah kegiatan pemilihan calon peserta didik untuk menentukan diterima atau tidaknya calon peserta didik menjadi peserta didik di lembaga pendidikan (sekolah) tersebut berdasarkan ketentuan yang berlaku.Pada pelaksanaanya seleksi peserta didik akan menghabiskan waktu yang lumayan panjang, dan juga harus adanya panitia yang mengurusi tentang administrasi dari siswa yang nantinya akan dikumpulkan pada pihak sekolah untuk dinilai apakah layak atau tidak seorang calon peserta didik masuk atau tidak ke sekolah tersebut.
Adapun cara-cara seleksi yang dapat digunakan adalah:
   a. Melalui tes atau ujian
Tahapan ini memungkinkan calon peserta didik untuk dinilai secara langsung oleh pihak sekolah tujuan. Pihak sekolah melakukan Tes dan Ujian secara tulis maupun wawancara,pada tes awal biasanya akan diadakan test potensi akademik (TPA) untuk mengukur seberapa pintar calon peserta didik. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui kepribadian dari calon peserta didik tersebut.
  b. Melalui penelusuran bakat kemampuan
Tahapan ini biasanya berlangsung pada saat wawancara, Pihak yang mewawancara calon peserta didik (Biasanya Guru BK/BP) akan menanyakan kepada calon siswa tentang apa yang mereka suka dalam bidang pelajaran ataupun kegiatan ektrakulikuler sekolah.
   c. Berdasarkan nilai STTB/SKHU atau nilai UAN
Tahapan ini hanya melihat seberapa besar nilai akhir dari calon siswa. Jika nilai yang ada di berkas sesuia dengan standar nilai yang ada di pihak sekolah tujuan, maka calon siswa akan langsung diterima.


Ada beberapa alasan kenapa seleksi peserta didik ini harus dilakukan, salahsatu alasan utamanya adalah agar sekolah yang memiliki reputasi yang bagus bias mempertahankan kualitasnya demgan baik. Juga yang menjadi alasan lainnya adalah adanya batasan kuota jumlah bagi peserta didik di suatu sekolah. Menyesuaikan juga antara bakat dan minat calon siswa dengan sekolah tujuan.Haruslah sesuai antara siswa yang belajar dengan tempatnya belajar. Oleh karena itu seleksi ini merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan dan terselenggaranya belajar mengajar di suatu sekolah.




















BAB III
Penutup

A.Kesimpulan
Dari makalah ini kita bisa bisa menyimpulkan bahwa pelaksanaan seleksi calon peserta didik adalah penting,dan memang harus dilakukan berdasarkan pada tujuan dari sekolah tersebut.Sekolah yang baik dilihat dari alumni nya yang baik pula,dengan adanya seleksi sekolah lebih selektif untuk menerima peserta didik baru di sekolahnya.
B.Saran
Untuk pengembangan lebih lanjut penyusun menyarankan kepada pihak sekolah yang akan melaksanakan seleksi penerimaan pesrta didik baru untuk lebih meningkatakan kualitas dari para penyelenggaranya.seperti panitia pelaksananya,pjenis seleksi yang digunakan dan juga harus transparan dalam pelaksanaannya. Hal yang paling penting adalah jangan ada KKN dalam pelaksaan seleksi tersebut.


Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.